Selama jadi Presiden,Pria ini Menyumbangkan 90% dari gajinya untuk Amal !! - Gilole

Latest

Berbagi Informasi Asik dan Sehat

BANNER 728X90

Jumat, 21 November 2014

Selama jadi Presiden,Pria ini Menyumbangkan 90% dari gajinya untuk Amal !!


Beberapa besar politisi di semua dunia, termasuk juga di Indonesia, umumnya mempunyai pola hidup yang tidak sama 180 derajat dengan rakyat pemilihnya. Tinggal dirumah elegan, pakaian mahal, mobil elegan, serta upah besar. Tetapi, segalanya itu tak berlaku untuk Presiden Uruguay, Jose Mujica. Mulai sejak dilantik jadi presiden pada 2010 lantas, politisi berumur 77 th. ini layak memperoleh gelar presiden termiskin didunia.

Bagaimanakah tak, pria bernama komplit José Alberto Mujica Cordano ini mendonasikan 90 % upahnya tiap-tiap bln., yakni 12. 000 dollar AS atau nyaris Rp 120 juta, untuk beragam aktivitas amal. Tidak cuma itu, pria yang oleh kawan-kawannya di panggil Pepe ini dapat menampik tinggal di tempat tinggal resmi kepresidenan di ibu kota, Montevideo. Mujica lebih pilih tinggal di tanah pertanian diluar ibu kota. Bahkan juga, jalan menuju tempat tinggal Mujica belum dilapis aspal.

Tidak ada penjagaan ketat pasukan elite kepresidenan. Cuma dua polisi serta anjingnya yang cuma mempunyai tiga kaki, Manuela, yang tampak mengawasi di pintu masuk pertaniannya. Di pertaniannya, Mujica serta istrinya bahkan juga menanam sendiri bunga-bunga sebagai pemasukan baginya. Apa argumen Mujica pilih hidup simpel walau jabatannya yaitu seseorang presiden?

disinilah dia tinggal
" Nyaris semua hidup saya butuhkan lewat cara seperti ini. Saya dapat hidup baik dengan apa yang saya punyai sekarang ini, " kata Mujica sembari duduk di suatu kursi tua di kebunnya.

Dengan mendonasikan beberapa besar upahnya juga sebagai presiden untuk rakyat miskin serta entrepreneur kecil, jadi tiap-tiap bln. Mujica cuma terima kurang dari Rp 800. 000.

Pada 2010, saat kekayaan pribadinya diumumkan—yang adalah keharusan petinggi umum Uruguay, waktu itu keseluruhan kekayaan Mujica cuma 1. 000 dollar AS atau kurang dari Rp 10 juta. Duit sejumlah itu cuma dapat dipakai untuk beli suatu mobil VW Beetle keluaran 1987.

Sesudah dua th. jadi presiden, kekayaan Mujica memanglah jadi tambah. Itu juga sesudah dia memberikan aset punya istrinya berbentuk tanah, sebagian traktor, serta suatu rumah. Kekayaannya meraih 215. 000 dollar AS atau seputar Rp 2 miliar, masih tetap terbilang miskin untuk seseorang kepala negara. Bahkan juga, kekayaan Wapres Daniel Astori dua pertiga kali semakin besar daripada orang nomer satu di negeri juara dunia sepak bola pertama kali itu.

Sisa pemberontak

Apa pemicu Mujica demikian miskin? Nyatanya, sepanjang 1960-an hingga 1970-an, dia yaitu anggota pemberontak Tupamaros, grup bersenjata berhaluan kiri yang di inspirasi revolusi Kuba. Dia pernah enam kali tertembak serta mendekam 14 th. di penjara. Beberapa besar saat penahanannya dilewati dalam keadaan yang sangatlah jelek serta dalam sel isolasi. Tetapi, masa-masa dia dalam penjara tersebut yang menurut Mujica membuat kepribadian serta pandangan hidupnya.

" Saya dimaksud presiden termiskin didunia, namun saya tidak terasa miskin. Orang miskin yaitu mereka yang bekerja cuma untuk melindungi pola hidup mewahnya serta senantiasa inginkan lebih, " katanya berfilosofi.

" Ini yaitu permasalahan kebebasan. Bila Anda tidak mempunyai banyak barang jadi Anda tidak butuh berusaha keras untuk mempertahankannya serta bekerja seumur hidup seperti budak. Lewat cara seperti ini, Anda mempunyai semakin banyak saat untuk diri sendiri, " lebih dia.

" Banyak yang menyampaikan saya orangtua hilang ingatan atau eksentrik, namun ini yaitu permasalahan pilihan, " lanjut dia.

Walau banyak mengundang pujian, tetap harus banyak yang mengkritik. Grup oposisi menyampaikan, pemerintahan Mujica tidak dapat tingkatkan kesejahteraan rakyat serta melakukan perbaikan service umum, terutama kesehatan serta pendidikan. Mengakibatkan, popularitas Mujica alami penurunan sampai 50 % sekarang ini.

Tetapi, Mujica tidak butuh cemas masalah popularitas. Undang-undang Uruguay membatasi saat jabatan presiden cuma satu kali. Itu bermakna, pada 2014 yang akan datang Mujica bakal pensiun serta menggunakan waktunya menanam bunga ditemani istrinya serta Manuela, si anjing berkaki tiga.