Seribu Bendera Dikibarkan di Gunung Lawu - Gilole

Latest

Berbagi Informasi Asik dan Sehat

BANNER 728X90

Sabtu, 31 Agustus 2013

Seribu Bendera Dikibarkan di Gunung Lawu

VIVAnews - Berbagai cara unik dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68. Salah satunya adalah pengibaran 1.000 bendera Merah Putih di puncak Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah. Selain mengibarkan bendera, para pendaki juga akan menggelar upacara detik-detik Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 2013, besok.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar, Aji Heru Pratama mengetakan, acara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dilakukan di puncak Lawu digagas oleh kelompok relawan penanggulangan bencana Gunung Lawu, AGL (Anak Gunung Lawu).

"Acara pengibaran 1.000 bendera di puncak Lawu sudah dipersiapkan sejak lama. Untuk persiapan acara pengibaran, satu tim sekitar seratusan orang yang terdiri dari pecinta alam dan relawan AGL sudah naik sejak kemarin," kata dia kepada VIVAnews, Jumat, 16 Agustus 2013.

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa tim lainnya akan menyusul naik ke puncak pada siang ini. Namun, sebelum melakukan pendakian, mereka akan melakukan pelepasan burung sebagai simbol ajakan melestarikan alam di posko pendakian di Cemoro Kandang.

"Tim relawan yang naik ke puncak Lawu itu akan bertugas mempersiapkan pelaksanaan pengibaran bendera dan upacara. Nanti malam sesampainya di puncak, para relawan akan menggelar doa sujud syukur," jelasnya.

Selain diikuti oleh relawan dan kelompok pecinta alam, acara ini juga terbuka untuk masyarakat umum. Hanya saja pihak panitia menerapkan aturan yang ketat bagi pendaki yang ingin naik ke puncak Lawu.

"Mereka akan diseleksi sebelum naik. Jika tidak memenuhi syarat, ya mereka akan disuruh melengkapinya dulu," ujar dia.

Selain untuk memperingati HUT Proklamsi Kemerdekaan RI di puncak Gunung Lawu, kegiatan ini juga akan diselingi dengan kampanye bersih gunung. Nantinya setiap pendaki yang akan turun dari pendakian akan dibekali tas plastik untuk wadah sampah yang dipunguti di sepanjang jalur pendakian.

"Para pendaki diharuskan ikut membersihkan sampah yang ada di jalur pendakian. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan lingkungan Gunung Lawu," tegas dia.

Gunung Lawu memiliki ketinggian sekitar 3.265 meter. Gunung ini terletak di perbatasan Karanganyar, Wonogiri dan Magetan. Status Gunung Lawu adalah gunung api "istirahat" dan lama tidak aktif. Lawu memiliki tiga puncak, Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah.


Spoilerfor Pict :



Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/520dacd048ba54f90e000006/seribu-bendera-dikibarkan-di-gunung-lawu/